Usaha Rumahan Budidaya Ikan Gurami Yang Menjanjikan

Cara Menjadi Kaya | Usaha Rumahan Budidaya Ikan Gurami Yang Menjanjikan - Usaha Rumahan Budidaya Ikan Gurami Yang Menjanjikan yang mampu di mulai dengan modal yang relatif sedikit namun dengan hasil panen yang menghasilkan keuntungan tinggi. Tingkat konsumsi ikan gurami di kalangan masyarakat lumayan tinggi. Karena itulah kebutuhan pasar juga meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini tentu menjadi peluang indah dalam bisnis.

Yang lebih menarik lagi yaitu hasil dari analisa budidaya ikan gurami yang memiliki harga jual yang tinggi. Modal yang diharapkan relatif kecil namun menghasilkan keuntungan yang memuaskan. Namun dalam perjuangan budidaya ikan gurame ini juga memiliki kelemahan yaitu lama nya proses pemeliharaan. Untuk mampu menerima hasil panen yang memuaskan peternak gurame harus menunggu sekitar 10 hingga 12 bulan. Ini merupakan waktu budidaya yang cukup lama.

Namun hal tersebut tidak akan menjadi duduk perkara jikalau keuntungan yang di dapat sebanding dengan lamanya waktu budidaya. Ikan gurami ini juga merupakan ikan yang sudah sangat familiar dan tidak absurd lagi bagi kalangan masyarakat indonesia. Dengan badan besar dan rasa dagingnya yang lezat membuat ikan gurami ini di gemari oleh banyak orang. 

Ini merupakan sebuah peluang perjuangan rumahan yang menjanjikan karena nyatanya seruan ikan gurami masih belum mampu terpenuhi stok nya karena kurangnya persediaan ikan gurami. Karena itulah kondisi ini membuat perjuangan rumahan budidaya ikan gurami menjadi sangat menjanjikan.



Jenis Usaha budidaya ikan gurami

Dari perjuangan budidaya ikan gurami anda dapat menjalankan beberapa bisnis. Mulai dari menjadi peternak , pengepul , hingga menjadi pengolah ikan gurami. Akan labih baik lagi jikalau anda dapat menjalankan ketiga urusan ekonomi tersebut sekaligus. Anda sendiri yang memelihara ikan gurami , anda juga menjadi pengepul ikan gurami dari para pembudidaya serta anda juga mengolah ikan gurami menjadi aneka macam olahan warung atau resto. Dan berikut ini jenis perjuangan budidaya ikan gurami :

1. Usaha telur ikan gurami

Ikan gurami tidak ibarat ikan mas yang bertelur di sembarang tempat. Ikan gurami membutuhkan sarang untuk bertelur. karena itulah para petani membeli indukan yang sudah siap bertelur kemudian menaruhnya ke dalam kolam tanah dengan kedalaman tertentu. Setelah itu anda mampu menaruh sarang dari serabut kelapa yang di masukan ke dalam kolam tersebut.

Kemudian telur ikan gurami tersebut akan menempel di sarang tersebut. Dengan begitu anda dapat menjual telur gurami dengan hitungan persarang atau mampu juga perbutir telur. Untuk harga persarang nya atau pertelur nya berbeda beda di setiap animo dan temoat. Biasanya setiap butir telur dapat di patok dengan harga 15 hingga 130 rupiah. Kelebihan dari perjuangan telur gurami ini yaitu karena dalam menjalankan perjuangan nya tidak sulit serta pakan nya pun mampu di tekan dengan menggunakan daun talas dan juga rampelan.



2. Pembesaran ikan

Untuk jenis perjuangan pembesaran ikan juga di bagi menjadi dua jenis yaitu ikan kolam tanah atau ikan kolam terpal. Setelah anda menerima telur gurami langkah selanjut nya anda mampu meletakan telur tersebut kedalam bejana atau kolam besar dan biarkan telur tersebut menetas semuanya selama beberapa hari. Dan setelah semua telur sudah menetas segera letakan ikan gurami tersebut di dalam kolat terpal atau kolam tanah yang sudah di buat.

Setelah ikan gurami berusia sekitar 3 atau 4 ahad dan ukurannya sudah mencapai biji oyong anda mampu mulai menjualnya kepada para peternak atau pengepul. Dan ini merupakan panen pertama yang mampu anda dapatkan dalam perjuangan pembesaran ikan gurami ini. Anda mampu menjual dengan aneka macam ukuran jadi anda juga tidak harus fokus pada pembesaran ikan untuk konsumsi.

Anda juga mampu membeli ikan dengan ukuran biji oyong dan kemudian menjualnya pada ketika ukuran satu silet. Atau anda juga mampu memulainya pada ukuran satu silet hingga hingga ukuran sebesar telapak tangan. Usaha pembesaran ikan gurami merupakan perjuangan yang paling banyak mendatagkan keuntungan besar. Namun semakin besar ikan gurami juga akan semakin besar juga pakan yang di perlukan hal ini mengikuti keuntungan yang di dapatkan.



Kelebihan perjuangan budidaya ikan gurami

1. Harga jual tinggi

Budidaya ikan gurami dengan perawatan yang intensif mampu mengakibatkan harga jual ikan gurami sangat tinggi di pasaran. Seperti ikan gurami yang siap konsumsi biasanya di hargai sekitar 40 - 50 ribu perkilonya dan ini hanya berisi 2 ekor ikan gurami. Sedangkan 1 kg yang berisi 3 - 4 ekor ikan di hargai sekitar 40 - 45 ribu. Dan yang lebih menarik lagi jikalau bobot ikan gurami 1 ekor mencapai 2 hingga 5 kg harga jualnya mampu mencapai harga di atas angga tersebut.



2. Daya tahan kuat

Tingkat kekebalan ikan gurami lebih tinggi jikalau di bandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya. Pada kebanyakan kasus umumnya hama dan penyakit sangat mudah menyerang pada jenis ikan air tawar namun berbeda dengan ikan gurami yang memiliki kekebalan badan jauh lebih kuat. Namun meski begitu tetap harus menjaga kualitas kebersihan kolam dan juga bantuan pakan yang berkualitas baik biar ternak ikan gurami anda juga terbebas dari hama dan penyakit.



3. Pakan yang murah

Pakan gurami mudah di dapatkan dan juga murah. Ikan gurami merupakan jenis ikan omnivora atau jenis ikan pemakan segalanya. Pada dasarnya makanan ikan gurami yaitu fitoplankton , zooplankton , serangga dan juga tumbuhan lunak. Ada mampu memberi pakan ikan gurami dengan daun sante , kangkung dan daun ubi kayu serta tanaman air tertentu yang mudah di dapatkan. Selain itu harga nya  juga murah.



4. Permintaan pasar yang tinggi

Permintaan pasar yang tinggi terhadap ikan gurami serta pemasarannya yang mudah. Ini karena semakin banyak nya minat masyarakat indonesia yang mengkonsumsi ikan gurami. Hal ini di sebabkan karena dagingnya yang empuk dan tebal karena itulah seruan pasar akan ikan gurami selalu meningkat. Makara tidak heran jikalau perjuangan budidaya ikan gurami ini banyak di lirik orang.


5. Perawatan yang mudah

Budidaya ikan gurami memang memiliki tingkat perawatan yang mudah. Karena hanya dengan intensif dan juga teratur dalam menjaga kadar air , temperatur suhu air , kebersihan kolam , pencegahan vaksinasi terhadap aneka macam macam penyakit ikan air tawar , budidaya ikan gurami akan berjalan lancar.

Sedangkan untuk kekurangan dan juga hambatan pada budidaya ikan gurami meliputi masa panen yang cukup lama , masa pembesarannya juga membutuhkan waktu yang lama , meski ikan gurami termasuk ikan yang memiliki daya tahan badan yang berpengaruh tetapi ikan gurami juga memiliki potensi terkena penyakit ibarat bintik putih dan penyakit akhir jamur.



Namun meskipun begitu budidaya ikan gurami tetap menjadi perjuangan budidaya yang potensial. Usaha budidaya ikan gurami ini merupakan perjuangan rumahan yang potensial. Demikian berita tentang Usaha Rumahan Budidaya Ikan Gurami Yang Menjanjikan. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url