Apa Itu Email? Sejarah, Fungsi dan Cara Mudah Membuat Email


Buat kamu yang belum mengerti Apa itu email, artikel ini akan membahasnya secara ringkas. Email adalah singkatan dari Elektronik Mail, dalam bahasa Indonesia artinya Surat Elektronik yang digunakan sebagai sarana mengirim surat melalui media internet.

Dengan menggunakan perangkat komputer atau smartphone serta koneksi internet yang memadai, kita bisa mengirimkan surat elektronik kepada orang lain. Umumnya mengirim surat konvensional akan di kenakan biaya (membeli perangko), tidak demikian jika menggunakan Surat Elektronik, yang penting Anda punya koneksi internet. Cara membuat email pun sebenarnya sangat mudah, ada banyak sekali tutorialnya bisa kita temukan di internet.

Fungsi Email

Boleh dibilang Email adalah alamat kita di dunia maya. Dengan email kita bisa terhubung dalam berbagai kegiatan lainnya di internet, misalnya menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter karena proses pendaftaran akan membutuhkan email.

Sekarang ini, Email sudah berkembang dan memiliki banyak fungsi. Email bisa digunakan untuk mengirim file, foto, video, semuanya bisa dilakukan dengan mudah berkat bantuan email.

Sejarah Email

Dulu sebelum internet digunakan seperti sekarang ini, ternyata Email sudah lebih dulu digunakan. Dulunya Email sangat sederhana, pengguna komputer hanya meletakkan surat kepada pengguna komputer lain. Email hanya dapat dikirim dan diterima oleh satu jaringan komputer dalam rangkaian LAN ( Local Area Network ).

Sekitar tahun 1971, Seorang programmer Amerika bernama Raymond Tomlinson mulai menggunakan simbol @ sebagai pemisah antara user id dan domain. Maka sejak saat itu, nama_user@nama_komputer menjadi standart penggunaan Email. Kemudian pada tahun 1975 John Vital menemukan sebuah software untuk pengaturan Email, tak lama kemudian Email telah menjadi populer dan memenuhi lalu lintas Internet.

Salah satu program email pertama adalah Eudora. Program ini  digunakan secara komersial pada saat itu, lalu dikembangkan oleh Steve Dorner pada tahun 1988. Pada tahun 1991, Email mulai tersedia luas dan dapat diakses secara gratis, dan pada saat bersamaan ditemukan juga WWW ( World Wide Web ) oleh Tim Berners-Lee. Beberapa layanan penyedia email gratis adalah Gmail, Yahoo, Hotmail.

Cara Membuat Email di Google Mail

Sekarang ini ada cukup banyak penyedia Email gratis, misalnya Google mail, Yahoo, Hotmail. Berikut ini adalah tutorial singkat membuat email di Gmail.

Pertama, buka situs http://mail.google.com/?hl=id nanti Anda akan di melihat halaman login Gmail.


Selanjutnya klik tombol merah Buat Akun. Nanti Anda akan diarahkan ke halaman isian form untuk membuat akun Google.


Langkah selanjutnya isi semua kolom di Form pendaftaran. Untuk isian form Alamat Email Anda Saat Ini bisa di kosongkan. Jangan lupa centang pada kotak menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi. Kemudian klik Langkah berikutnya.

Anda akan di arahkan dalam halaman profil Goofle+.

Tambahkan foto Anda, lalu klik Langkah berikutnya. Nanti Anda akan dibawa ke halaman selamat datang. Klik Lanjutkan ke Gmail, saat ini Anda telah memiliki alamat Email di Gmail.

Sebagai catatan, setelah memiliki Akun Google maka Anda otomatis juga punya akun di berbagai jaringan Google seperti Gmail, Blogger, Youtube, Google+ dan lainnya. Semoga bermanfaat

Artikel Cara Menjadi Kaya Lainnya :

Scroll to top