6 Peluang Usaha Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Dari Rumah

Cara Menjadi Kaya | Bisnis online sangat cocok bila dikombinasikan dengan urusan ekonomi offline yang kita miliki. Misalnya kita punya toko yang menjual furniture indah , nah kita bisa menjual furniture kita itu secara online , dan tentunya pasarnya akan semakin luas karena urusan ekonomi Anda bisa dijangkau lebih banyak orang via internet. Namun , bila kita tidak memiliki urusan ekonomi offline , kita tetap bisa membangun sebuah urusan ekonomi secara online.


Berikut ini ialah beberapa urusan ekonomi online yang bisa dikerjakan dari rumah dengan modal kecil:

1. Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)

Ini ialah model urusan ekonomi yang sangat banyak dijalankan oleh internet marketer baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Untuk menjalankan urusan ekonomi afiliasi , kita tidak harus memiliki produk , tapi kita bisa menjual produk orang lain melalui internet , baik itu melalui blog , social media , email marketing , dan lain-lain. Kita menerima komisi sekian persen dari total harga barang yang dijual. Produk yang dijual pun bermacam , ada produk berbentuk fisik , berbentuk digital , dan juga berbentuk membership.

Keunikan dari urusan ekonomi afiliasi ini ialah , kita tidak perlu repot mengurus hal-hal yang berafiliasi dengan pembuatan produk , packing produk , dan pengiriman produk. Kita hanya perlu mempromosikan link khusus yang didapatkan dari vendor (pemilik produk). Jika link tersebut di-klik oleh seseorang dan orang tersebut melaksanakan pembelian dari link affiliate milik kita , maka kita akan menerima komisi.

Untuk jadwal afiliasi lokal yang saya rekomendasikan adalah;

A. Produk Fisik
B. Produk Digital
a. Ratakan.com Marketplace
b. Idaff.com Affiliate Marketplace

2. Bisnis Dengan Membuat Toko Online (Online Shop)

Bisnis online shop bisa dijalankan oleh orang yang memiliki toko offline dan ingin meningkatkan penjualan dengan cara menjual secara online. Dan bisnis ini juga bisa dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki produk , yaitu dengan cara bergabung dengan supplier atau produsen yang menunjukkan sistem dropship atau reseller.

Untuk memulai urusan ekonomi online shop tentunya Anda harus punya toko online. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat toko online , tutorialnya bisa kita dapatkan di internet. Setelah lanjutnya ialah mencari produsen produk atau mitra kerjasama yang menyampaikan layanan reseller atau dropship. Setelah diterima menjadi mitra , kita bisa mulai memposting produk di toko online dan mempromosikan toko online tersebut.

Ada beberapa produsen yang saya rekomendasikan untuk diajak kerjasama;

a. Cakung.com
b. Suplier.id
c. Komisian.com

3. Bisnis Online Dengan Membangun Blog/ Website Portal

Membangun blog/ website bisa menjadi salah satu model urusan ekonomi yang sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Semakin meningkatnya pengguna internet dan smartphone menjadi indikator bahwa media blog/ website ke depannya akan semakin banyak trafik , tentunya sesuai dengan niche blog/ website yang dibangun. Inilah yang bisa kita jadikan peluang urusan ekonomi dengan modal kecil.

Coba perhatikan halaman website yang linknya sering bertebaran di Facebook dan Google (misalnya Merdeka.com , Kompas.com , Alodokter.com , Viralnova.com , Cerpen.co.id , dan lain-lain) di dalam halaman website itu kita bisa melihat adanya iklan Google Adsense. Kebanyakan blog dan website portal ini me-monetize websitenya dengan jadwal PPC (pay per click) , khususnya Google Adsense.

Program PPC ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki web atau blog dengan trafik pengunjung yang tinggi. Salah satu model urusan ekonomi jaringan iklan ialah dengan mengikuti jadwal PPC (pay per click) menyerupai Google Adsense , Bidvertiser , Kliksaya , Kumpulbloger , dan lain-lain. Selain iklan PPC , model urusan ekonomi iklan yang lain ialah iklan berdikari , yaitu dengan cara menunjukkan space iklan pada blog Anda dengan harga yang sudah ditentukan.

Penghasilan dari blog/ website yang memasang iklan PPC maupun iklan berdikari tidak bisa dianggap remeh lho. Banyak sekali blogger dan pemilik website yang mendulang uang dari iklan di blognya , mulai dari puluhan juta rupiah , ratusan juta rupiah , sampai miliaran rupiah. Salah satu blogger yang memiliki penghasilan fantastis dari blognya adalah Linda Ikeji. Blogger asal Nigeria ini diperkirakan menerima milliaran rupiah per bulan dari blognya.

4. Menjadi Penulis Lepas

Saat ini cukup banyak lho freelancer yang menjalani profesi sebagai penulis lepas , baik itu menulis artikel bahasa Inggris ataupun menulis artikel bahasa Indonesia. Untuk artikel bahasa Inggris biasanya tarifnya lebih mahal daripada artikel bahasa Indonesia. Ada beberapa daerah yang dapat dijelajahi untuk menerima job dari orang yang sedang mencari penulis artikel , misalnya: Fiverr.com , Ads.id , Projects.co.id , Sribulancer.com , dan masih banyak lagi.

Mengapa banyak orang berprofesi sebagai penulis lepas? Masih berafiliasi dengan model urusan ekonomi online di point 3 , yaitu urusan ekonomi online dengan membangun blog/ website portal. Biasanya blog/ website yang sudah mulai banyak visitor akan membutuhkan tenaga penulis artikel untuk mengupdate konten. Semakin banyak konten yang dibangun , maka peluang untuk menerima trafik juga akan semakin besar. Itulah sebabnya mengapa penulis lepas sering dicari oleh para pemilik blog/ website.

Namun , Anda harus selektif untuk mendaftar sebagai penulis lepas karena tidak jarang pemilik blog/ website yang hanya mau membayar penulisnya dengan rate yang sangat rendah. Rate yang rendah tersebut membuat para penulis tidak bersemangat untuk menciptakan konten yang baik. Tentukanlah rate yang Anda inginkan semenjak awal , sesuaikan dengan tingkat kesulitan topik konten dan kualitas goresan pena Anda.

5. Menjual Jasa Web Developer

Ada banyak jasa yang bisa dijual secara online. Salah satunya ialah jasa membuat website/ blog profesional atau yang sering disebut dengan web developer. Peluang perjuangan yang satu ini menurut saya sangat potensial karena tidak banyak orang yang bisa membuat website profesional untuk urusan ekonomi mereka.

Tentunya untuk menjadi seorang web developer diharapkan skill yang mumpuni biar bisa menciptakan sebuah blog/ website yang profesional. Sebenarnya untuk membuat website tidak terlalu sulit , kita bisa menggunakan platform WordPress dengan tema yang sesuai dengan niche website. Namun , bila Anda ingin menjadi web developer yang sebetulnya , maka Anda perlu mencar ilmu dasar-dasar pembuatan website yang baik. Tempat mencar ilmu membuat website yang saya rekomendasikan adalah BabaStudio.

6. Bisnis MLM Online

Ini ialah urusan ekonomi Multi Level Marketing yang dijalankan secara online. Tidak menyerupai urusan ekonomi MLM konvensional yang biasanya menyita waktu dan tenaga untuk aktivitas pertemuan , follow up calon member , dan pembelian barang , semua proses itu bisa dilakukan secara online.

Namun , perlu diperhatikan bahwa tidak semua urusan ekonomi MLM punya sistem yang baik , pastikan bisnis MLM online yang Anda ikuti punya produk dan sistem yang bagus dan menguntungkan.

Kesimpulan:

Sebenarnya masih ada banyak peluang urusan ekonomi modal kecil yang bisa kita kerjakan dari rumah tapi sayangnya saya tidak bisa menuliskan semuanya di artikel singkat ini. Satu hal yang perlu kita ingat bahwa walaupun urusan ekonomi atau perjuangan yang dijalankan hanya dengan modal kecil bukan berarti keuntungan yang akan didapatkan kecil juga.

Buktinya ialah perjuangan kenalan saya itu , beliau tidak punya produk sendiri , dengan modal yang kecil beliau menjalankan urusan ekonomi dropship , tapi penghasilan yang di dapatkan luar biasa , bahkan lebih besar dari gaji seorang manajer Bank. Visi dan misi , semangat dan kerja keras yang dilakukan secara terus menerus tentu akan menyampaikan hasil yang maksimal , bahkan bisa saja melebihi keinginan kita. Semoga artikel ini menginspirasi Anda.

SUMBER: www.maxmanroe.com
Next Post Previous Post