Apa yang Dikerjakan Departemen Keuangan di Sebuah Perusahaan?

Departemen keuangan memainkan peran penting dalam bisnis karena di situlah uangnya. Departemen keuangan tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membayar vendor, mengamankan klien, menutup tagihan dan membayar karyawan.

Departemen ini juga bertanggung jawab untuk mengajukan pajak, mengikuti nilai aset saat ini, dan mengetahui berapa banyak arus kas yang dimiliki perusahaan pada waktu tertentu.

Apa pun yang melibatkan uang melewati departemen keuangan. Di perusahaan besar, mungkin ada lebih dari satu departemen di bawah payung departemen keuangan yang lebih besar seperti gaji, hutang dagang, piutang dan penjualan.

Departemen penggajian mencatat jam kerja karyawan, menetapkan gaji atau tarif per jam saat ini, mengelola liburan dan waktu cuti sakit, mematuhi undang-undang pajak saat ini dan memotong cek untuk karyawan. Bagian hutang menerima faktur dari vendor dan karyawan kontrak, sesuai dengan inventaris atau kuitansi dan memasukkannya ke dalam sistem pembayaran.

Departemen ini juga memotong dan mengirimkan cek untuk hutang selain gaji. Bagian piutang menerima pembayaran dan memastikan mereka masuk secara akurat ke dalam sistem. Banyak departemen keuangan juga memiliki segmen peramalan keuangan yang mempelajari tren pasar untuk membantu menentukan berapa banyak uang yang dapat diharapkan perusahaan dari usaha saat ini dan masa depan.

Artikel Cara Menjadi Kaya Lainnya :

Scroll to top