Panduan Lengkap Usaha Ternak Ayam Kampung Untuk Pemula

Cara Menjadi Kaya | Sebetulnya banyak sekali jenis peluang perjuangan di bidang peternakan yang bisa dikembangkan , namun Anda juga perlu memikirkan bagaimana prospek serta ajakan pasar dari perjuangan yang kita jalani untuk jangka panjang.

Dari sudut kacamata urusan ekonomi , ternak ayam kampung menjadi salah satu urusan ekonomi yang sangat menarik untuk kita tekuni. Alasannya ialah membudidayakan ayam kampung dirasa cukup mudah dibandingkan dengan ternak ayam broiler. Apalagi yang perlu kita perhatikan yaitu harga dari ayam kampung sendiri dikala ini cenderung naik berbanding terbalik dengan harga ayam broiler yang lebih fluktuatif.

Jika anda ingin memulai perjuangan di bidang peternakan khususnya perjuangan ternak ayam kampung perlu memperhatikan beberapa hal ibarat berikut ini:

Gali isu sebelum beternak

Apapun jenis perjuangan yang akan anda jalani pastinya , dibutuhkan informasi serta pengetahuan yang cukup sehingga hasil dari perjuangan yang anda jalani bisa mencapai kesuksesan , tidak terkecuali dengan urusan ekonomi ternak ayam kampung. 

Jangan hingga ketika sedang memulai urusan ekonomi ini , anda akan merasa kebingungan di tengah jalan dan tidak bisa menguasai teknis beternak yang baik sehingga kesudahannya tidak akan bisa optimal serta bahaya kegagalan pun bisa menjumpai anda. Oleh alasannya ialah itu , pelajari bagaimana teknis beternak ayam kampung yang baik dan ketahui bagaimana proses pembibitan , perawatan , hingga proses perkembangbiakannya bisa anda kuasai dengan baik. Anda pun bisa mencari isu tersebut di aneka macam media online , buku , maupun majalah ibarat yang Anda lakukan dikala ini.

Selain itu jalin komunikasi dengan para peternak ayam kampung yang lain , yang bisa diajak bertukar pikiran wacana pengalaman beternak ayam kampung. Jika anda masih memulai perjuangan ternak ayam kampung anda bisa melaksanakan kerjasama pembelian bibit ayam kampung dari beternak yang bersangkutan.

Anda juga bisa mengikuti acara penyuluhan dan pelatihan budidaya ayam kampung oleh beberapa instansi baik dari dinas pertanian maupun dari swasta. Kegiatan tersebut bisa membantu anda dalam memperkaya pengetahuan serta memperoleh petunjuk teknis cara ternak ayam kampung yang benar dan sesuai dengan anjuran.

Perhatikan Persyaratan Beternak Ayam

Sejak jaman dahulu kala petani kita sudah melaksanakan ternak ayam kampung dengan sistem umbaran , namun ternyata pola pemeliharaan umbaran kurang efisien untuk dijalankan di masa sekarang alasannya ialah pemeliharaan yang ala kadarnya serta pertumbuhan bobot ayam dan produksi telur nya masih cukup rendah.

Sebagai contohnya apabila beternak ayam kampung secara tradisional atau umbaran Anda membutuhkan waktu hampir 6 bulan untuk mencapai bobot 1 kg ayam kampung , sedangkan kalau kita beternak secara intensif kita hanya membutuhkan waktu sekitar 2-2 ,5 bulan untuk menerima ayam pedaging yang siap jual.

jika ingin memulai urusan ekonomi ternak ayam kampung sebaiknya Anda harus memperhatikan betul persyaratan lokasi serta teknik budidaya yang sesuai dengan standar peternakan. Apabila kondisi peternakan baik maka bisa membuat para peternak menjalankan usahanya secara fokus.

Fokus Menentukan Arah Usaha

Sedari awal tentukan arah perjuangan peternakannya , mau urusan ekonomi ayam pedaging atau ayam petelur. Hal ini untuk memilih DOC (bibit ayam kampung) yang sempurna dan sesuai dengan bibit untuk petelur atau pedaging , sehingga hasil dari ternak bisa optimal. Kesalahan yang sering dilakukan oleh petani kita ialah kurang fokus dalam memilih jenis perjuangan , kebanyakan dari mereka beternak kedua-duanya tanpa memisahakan bibit ayam kampung (DOC) sesuai dengan tipe perkembangannya. Akibatnya hasil ternak pun kurang optimal dan rugi dari sisi biaya pemeliharaan.
Yang perlu menjadi cacatan penting ialah DOC petelur dan DOC pedaging berbeda dalam sistem pemeliharaanya. DOC petelur dalam pemeliharaanya lebih difokuskan kepada percepatan bertelur dan kuantitas telur ayam , sedangkan DOC pedaging pemeliharaanya lebih pada kualitas dagingnya dan lama pemeliharaan. Kaprikornus , sebaiknya DOC petelur dan DOC pedaging jangan hingga tertukar pemeliharaannya alasannya ialah bisa berdampak pribadi terhadap biaya pemeliharaan.

Mulailah Dari Tahapan Termudah Bagi Pemula

Bagi Anda yang mau memulai urusan ekonomi ternak ayam kampung sebaiknya menggunakan tahapan termudah dalam memulai peternakannya , hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kegagalan dalam segi investasi dan pendanaan. Berikut ini kami sampaikan beberapa langkah sederhana dalam memulai urusan ekonomi ternak ayam kampung.

Jika Anda memilih menjalankan ternak ayam kampung pedaging , sebaiknya memulai urusan ekonomi ini dengan membeli DOC untuk dikembangbiakan. Cara pemeliharaan ayam pedaging dirasa cukup mudah dibandingkan pelihara ayam petelur. Waktu pembesaran ayam pedaging hingga siap panen cenderung lebih singkat sekitar 2 – 2 ,5 bulan. Apabila sudah melewati tahapan pembesaran ayam pedaging , Anda bisa memulai menambah segmen perjuangan ibarat pembibitan ayam pedaging maupun ternak ayam petelur.

Untuk Anda yang mau memulai urusan ekonomi ayam kampung petelur , bisa memulai perjuangan dengan membeli dara ayam petelur berusia 4 hingga 5 bulan. Pelihara ayam tersebut hingga siap untuk menghasilkan telur pada usia 6 bulan. Cara ini terbilang cukup singkat dan efektif daripada membeli DOC yang membutuhkan waktu pemeliharaan lebih lama dan untuk mengurangi resiko selama masa pemeliharaan.

Namun demikian , Anda juga bisa membeli DOC petelur dengan mempertimbangkan memudahkan penyesuaian ayam terhadap lingkungan gres sehingga lebih mudah dalam menghasilkan telur. Yang menjadi catatan penting ialah Anda perlu didampingi oleh orang yang sudah pengalaman di bidang ternak ayam kampung sehingga memudahkan dalam berkonsultasi serta bisa memastikan bahwa perjuangan ternak yang kita rintis bisa berjalan dengan baik.

Mulailah Dari Skala Kecil

Bagi Anda yang masih pemula dalam memulai urusan ekonomi ayam kampung , kami menyarankan untuk tidak serta merta investasi besar dalam beternak meskipun modal yang dipunyai mencukupi. Anda bisa memulai ternak ayam kampung beberapa puluh ekor sebagai permulaan , ini penting dilakukan bisa digunakan sebagai media pembelajaran beternak ayam kampung. Amati sekaligus pelajari bagaimana perilaku ayam kampung serta teknik pemeliharaannya ( Learning by Doing ).

Jadikan pengalaman dan pengetahuan beternak ayam selama periode pemeliharaan pertama sebagai modal Anda dalam beternak ayam kampung di periode berikutnya. Kaprikornus , apabila pada periode pertama beternak ayam kampung berhasil maka keuntungan yang Anda dapatkan bisa digunakan sebagai modal untuk beternak di periode selanjutnya. Sebaliknya kalau periode pertama belum berhasil , maka modal  simpanan yang Anda punyai masih bisa digunakan untuk beternak di periode selanjutnya.

Pelajari Waktu Memulai Beternak

Dalam memulai beternak ayam kampung perlu mempertimbangkan keadaan isu terkini , alasannya ialah bisa kuat terhadap hasil ternak. Kami menyarankan untuk memulai beternak ayam kampung ketika isu terkini kemarau atau awal isu terkini kemarau. Pada isu terkini tersebut , kita akan lebih mudah dalam proses pemeliharaan.

Kami contohkan , pada isu terkini kemarau Anda lebih mudah dalam memelihara DOC pada malam hari alasannya ialah cuacanya cukup mendukung. Namun kalau dilakukan pada isu terkini penghujan , pemeliharaan DOC akan lebih repot alasannya ialah kelembapannya tinggi dan cuaca yang dingin. Apalagi ketika memasuki pancaroba atau pergantian isu terkini , DOC lebih gampang terserang penyakit.

“Apabila Anda terpaksa memulai beternak ayam kampung ketika isu terkini penghujan , kami sarankan untuk memelihara doc di sangkar yang memiliki pemanas. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan serangan penyakit dan kematian. Kami tidak menyarankan memulai beternak ayam kampung ketika masa pancaroba”

Dalam beternak ayam kampung bisa dilakukan sepanjang tahun alasannya ialah memang ajakan akan ketersediaan ayam kampung cukup stabil , begitupun dengan harganya yang cenderung stabil dan makin merangkak naik. Lonjakan harga dan ajakan pasar biasanya terjadi pada waktu hari raya. Sebaiknya menjelang hari raya , produksinya digenjot untuk memenuhi ajakan pasar.

Perhatikan Perlengkapan Ternak dan Manajemen Pemeliharaan

Anda perlu memperhatikan kelengkapan peralatan ternak serta melaksanakan administrasi pemeliharaan yang sesuai standar. Pastikan aneka macam kebutuhan ternak sudah mencukupi dalam hal jumlah serta kualitasnya. Pada umumnya peternakan yang sudah melaksanakan teknik pemeliharaan sesuai standar sudah mempunyai perlengkapan yang memadai.
Jagalah kebersihan sangkar ayam , pastikan kawasan pakan dan minum sesuai dengan jumlah ayam yang dipelihara. Bersihkan sangkar beserta peralatannya tidak terkecuali kawasan pakan dan minum ketika sudah mulai kotor. Peralatan lain yang harus dimiliki oleh peternakan ayam kampung yaitu perlengkapan pembibitan ibarat genset dan cooling room. Genset digunakan untuk mengantisipasi pemadaman listrik PLN alasannya ialah bisa mengganggu proses penetasan telur. Apabila listrik terlalu lama padam maka telur terancam tidak bisa menetas. Dalam proses penetasan telur dibutuhkan mesin tetas yang dipakai secara manual maupun otomatis.

Perlengkapan lain yang tidak kalah pentingnya yaitu cooling room dipakai dalam masa pembibitan yang merupakan ruang khusus kawasan menyimpan telur yang memakai pendingin udara. Fungsi dari cooling room ialah sebagai media penyimpan sementara telur tetas sebelum dijual atau sebelum dimasukkan ke dalam mesin penetasan. Untuk menyimpan telur tetas di cooling room sebaiknya memakai suhu dibawah suhu normal ruangan yaitu sekitar 25°C , gunanya untuk mencegah pertumbuhan embrio terlalu dini sebelum dimasukkan ke dalam mesin penetasan.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam beternak ayam kampung yaitu menajemen pemeliharaan yang baik. Aturlah waktu dalam pemeliharan ternak , mulai dari perawatan sangkar , pertolongan pakan ternak , pertolongan vaksin dan penyemprotan disinfektan pada kandang. Buatlah catatan pada masing-masing periode beternak untuk digunakan sebagai materi evaluasi beternak ke depan.
Demikian. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post