Mengungkap Makna Visi yang Tepat dalam Bisnis

Apa itu visi? Ini adalah suatu pertanyaan yang terlihat gampang untuk dijawab, namun, sulit untuk diucapkan bila kita tak tahu makna sebenanya dalam visi tersebut. Pernahkan Anda ditanya apa visi Anda ketika Anda mengikuti suatu organisasi, seperti OSIS? Jika pernah, penulis yakin Anda telah memiliki gambaran sederhana tentang visi.

Apakah visi setiap orang itu berbeda-beda? Ya, setiap kegiatan yang kita lakukan sehari-hari harus memiliki visi yang jelas dan nyata. Dalam kehidupan tentu ada visi hidup, dalam bisnis tentu ada visi bisnis, dalam melakukan gerakan cinta alam tentu juga ada visi di balik kegiatan tersebut. Lantas, apa itu visi?

Apa itu Visi?

Visi secara sederhana dapat kita artikan sebagai tujuan utama (ultimate goal) dalam bertingkah laku. Visi tersebut merupakan tujuan utama yang kita ingin capai. Dengan memiliki visi, kita akan memiliki suatu alasan kuat untuk bertingkah laku. Misalnya, Anda pergi gerakan cinta alam, visi Anda adalah menjaga lingkungan dan menjadikannya lebih baik.

Nah, dari visi tersebut kita bisa mendapatkan suatu alasan mengapa kita melakukan gerakan cinta alam, kita ingin agar lingkungan menjadi lebih bersih dan asri.

Bagaimana Contoh Visi?

Berikut ini adalah beberapa visi dari startup yang terkenal dan sukses besar pada saat ini, diantaranya:
  • Bill Gates (Microsoft), Bill Gates sejak awal mendirikan microsoft memiliki visi, adanya komputer di setiap meja kerja dan di setiap rumah, menggunakan software dari microsoft.
  • Steve Jobs (Apple), Steve Jobs memiliki visi perusahaannya, Apple, yakni setiap orang di rumah bisa memiliki personal computer sendiri.
  • Coca Cola, sebagai perusahaan minum yang amat populer pada saat ini memiliki visi, yakni agar setiap orang di seluruh pelosok dunia bisa menikmati nikmatnya minuman segar “coke”.

Apa Keuntungan Memiliki Visi?

Dengan memiliki visi, yakinlah kita akan terus termotivasi dan terus bersemangat dalam bekerja. Sebab visi adalah suatu mimpi besar yang hendak digapai. Dengan adanya visi, langkah dan gerak dalam membangun kehidupan / bisnis akan lebih terarah dan menjadi panduan yang selalu memotivasi diri kita.

Ketika kita tidak memiliki visi yang jelas dan nyata, maka, kita akan mudah untuk tidak fokus terhadap suatu hal, mudah dipengaruhi oleh pihak lain, bahkan bisa “ditipu” oleh pihak yang tak bertanggung jawab dan merugikan bisnis yang digeluti. Serta, tanpa visi suatu kehidupan / bisnis tidak akan pernah berubah menjadi lebih baik.

Bagaimana Cara Menemukan Visi?

Visi akan ditemukan ketika kita memiliki alasan yang kuat. Misalnya, alasan Anda untuk menciptakan bisnis sablon adalah memberikan bantuan sablon untuk siswa dan mahasiswa. Perkuatlah alasan tersebut hingga menjadi setiap sekolah dapat merasakan kesejukan kaos dari “brand bisnis Anda”. Nah, apabila alasan yang kuat telah ditemukan, maka, jadikan saja alasan tersebut suatu visi.

Visi juga dapat Anda temukan dari pengalaman hidup. Misalkan ada permasalahan yang belum terpecahkan, sementara itu Anda berkeinginan untuk memecahkannya. Nah, dari hal inilah suatu visi yang kuat dan nyata terbentuk.

Temukanlah visimu, berikan suatu hal yang menguntungkan lingkungan sosial Anda dengan visi tersebut. Nanti, uang akan datang kepada Anda dengan sendirinya.

Jangan pernah untuk memiliki visi yang kecil, temukanlah visi yang besar, karena itulah yang akan menjadikan bisnis Anda semakin besar. Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Artikel Cara Menjadi Kaya Lainnya :

Scroll to top