Apa Itu Domain? Pengertian dan Fungsi Nama Domain

Masyarakat Era digital pasti sudah mengerti apa itu domain. Namun, mungkin beberapa rekan belum mengetahui mengenai domain dan untuk apa keperluannya.

DOMAIN adalah suatu nama yang unik, digunakan sebagai pengganti Alamat IP sebuah website. Domain digunakan untuk mempermudah visitor mengingat alamat sebuah website. Itulah alasannya kenapa para pebisnis online harus punya domain unik untuk website mereka agar mudah diingat.

Domain itu sendiri terdiri dari 2 bagian:
  • Nama domain
  • Extension
Salah satu contohnya adalah Facebook.com atau Google.com
Google = nama domain
.com = extension

Biasanya domain menggunakan huruf dan angka, terkadang ada juga domain memakai tanda garis penghubung. Penggunaan huruf kapital diabaikan karena sama saja dengan domain dengan huruf kecil, misalnya FACEBOOK.COM = facebook.com.

Satu nama domain hanya dimiliki oleh satu orang saja, atau satu perusahaan saja. Ketika domain tersebut sudah dimiliki oleh seseorang maka kita tidak bisa lagi menggunakan nama domain yang sama. Kalau ingin menggunakan domain tersebut, maka Anda harus menunggu hingga domain tersebut expired.

Ada banyak sekali jenis domain di internet, diantaranya:
  • Top Level Domain (TLD) .com, .net, .org, .co, dan lain sebagainya.
  • Domain Country Code (ccTLD) .us, .co.id, .co.uk, .in, dan lain sebagainya.

Sub Domain

Subdomain adalah domain di bawah domain, namun berdiri sendiri. Contohnya Mail.Google.com, Mail adalah subdomain dari Google dan .com adalah extension.

Apa Fungsi Domain?

Domain digunakan untuk mempermudah pengguna internet untuk mengakses sebuah website. Tentunya lebih mudah mengingat nama domain ketimbang menghapal alamat IP bukan.

Msalnya ketika kita ingin mengakses situs web Google.co.id, jika menggunakan Alamat IP maka Anda harus mengetikkan angka seperti 173.194.39.19 di browser, tentunya ini sulit bagi pengguna internet. Karena itu ada nama domain penting memudahkan pengguna internet.

Contoh Nama Domain

Seperti yang disebutkan di atas, sekarang ini nama domain semakin banyak dan spesifik. Ada ratusan nama domain yang ada di internet yang bisa digunakan sebagai alamat website. Contoh nama domain seperti berikut :

Nama domain yang populer:

.COM, .ORG, .NET, .ME

Nama domain baru:

.COOL, .ZONE, .CLUB, .CITY, .WEBSITE, .GRATIS, .HAUS, .GURU, .TIPS, .TODAY, .MEDIA, .LINK, .COOKING, .FISHING, .FITNESS dan masih banyak lagi nama domain baru.

Nama domain Indonesia:
.ID, .CO.ID, .WEB.ID

Nah, di atas tadi adalah penjelasan singkat Apa Itu Domain, Pengertian dan Fungsi Nama Domain yang bisa saya jelaskan. Semoga bermanfaat.

Artikel Cara Menjadi Kaya Lainnya :

Scroll to top