Ini 6 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Instagram


Sebagai seorang pengguna internet, tentunya Anda familiar dengan media sosial Instagram. Pengguna Instagram di Indonesia saat ini jumlahnya sudah sangat banyak, bahkan hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 20 juta orang (berdasarkan informasi dari situs CNN).

Kebanyakan orang menggunakan Instagram sebagai tempat bersenang-senang dan hanya berbagi foto kegiatan sehari-hari. Namun, sebenarnya Instagram bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari internet.

Sebenarnya ada banyak sekali cara mendapatkan uang dari internet yang bisa dilakukan. Dan setidaknya ada 6 cara yang sering dilakukan pengguna Instagram untuk menghasilkan uang dari kegiatannya di media sosial ini:

1. Berjualan Produk Secara Online

Jualan online bukan hal baru lagi di jaman digital ini. Ada banyak orang berjualan produk secara online, termasuk berjualan di Instagram. Ada banyak produk yang bisa dijual secara online, misalnya pakaian muslim, aksesoris, makanan, minuman, barang elektronik, dan lain sebagainya.

Dan jika saat ini Anda belum punya produk sendiri yang ingin dijual lewat Instagram, Anda bahkan bisa menjual produk orang lain dan mengambil untung. Banyak penjual online yang menggunakan sistem dropship, sehingga para calon pebisnis online bisa berjualan tanpa repot memikirkan pengadaan produk dan pengiriman barang.

2. Menjual Jasa Secara Online

Jika Anda punya skill di bidang tertentu, misalnya jago desain, maka Anda bisa menjualnya secara online via Instagram. Tidak usah berpikir lama, coba saja dulu langsung.

Buatlah desain Anda, lalu posting di akun Instagram Anda. Lakukan terus menerus dan lihat respon para folowers Anda.

Sejauh ini, ada beberapa jenis jasa yang sering dicari dan dijual via Instagram, yaitu:
  • Jasa membuat logo
  • Jasa membuat blog/ website
  • Jasa menulis artikel
  • Jasa penerjeman
  • Jasa SEO (search engine optimization)
3. Menjadi Seorang Endorser

Endorser adalah seseorang yang punya pengaruh atau punya banyak followers yang mempromosikan (endrose) produk orang lain di akun Instagram miliknya. Seringkali mereka mendapatkan produknya secara gratis lalu memberikan testimoni tentang produk tersebut.

Profesi ini gampang-gampang susah dilakukan, tapi yang pasti untuk menjadi seorang endorser maka Anda wajib menjadi orang yang terkenal di Instagram. Atau dengan kata lain selebgram.

4. Berjualan Foto di Instagram

Apapun profesi Anda saat ini, bila punya hobi fotografi maka hobi ini bisa menjadi penghasil uang lho bila menjualnya di Instagram. Postinglah hasil foto yang Anda jepret ke akun Instagram Anda secara teratur, pastikan Anda juga memberikan watermark agar foto tersebut tidak digunakan sembarangan.

Berikan juga informasi pada caption, bila ingin menggunakan foto-foto Anda tanpa watermark maka harus membelinya dari Anda. Jika konsumen tertarik tentunya mereka akan dengan senang hati mau membayar foto hasil karya Anda tersebut.

Sederhana tapi sering tidak terpikirkan oleh kita.

5. Mencari Sponsor

Anda pasti pernah melihat kegiatan yang disponsori oleh brand tertentu. Nah, Anda juga bisa melakukan ini melalui akun Instagram Anda.

Agar bisa berhasil menjalan bisnis ini, tentu saja Anda harus proaktif dan sering mencari brand yang ingin bekerjasama. Misalnya akun Instagram Anda membahas tentang dunia olah raga (khususnya sepak bola), maka brand-brand produsen yang berhubungan dengan sepak bola lah yang menjadi calon sponsorship Anda.

Misalnya brand sepatu bola, atau kaos bola, dan lain sebagainya. Jika brand tersebut sudah sepakat dengan Anda maka Anda bisa memposting gambar atau video yang berhubungan dengan brand tersebut, tentunya dengan fee yang telah disepakati.

6. Berjualan Akun Instagram

Ada beberapa orang yang menjalankan usaha seperti ini. Mereka membuat sebuah akun Instagram hingga banyak followers, lalu mereka menjualnya kepada pihak-pihak yang membutuhkan akun dengan banyak followers.

Harga jual akun Instagram ini berfariasi, mulai dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta, tergantung berapa banyak followersnya dan berapa besar interaksi followers.

Cara menghasilkan uang dari Instagram yang satu ini Anda wajib melakukan sesuatu yang bisa membuat akun Instagram Anda menjadi banyak followers. Bila dengan cara manual tentunya akan lebih sulit karena Anda harus rajin posting dan membuat hastag khusus. Bisa juga menggunakan software tertentu, tapi Anda harus mengerti cara menggunakan software tersebut. Salah satu software yang bisa digunakan adalah Gramcaster, akan dibahas di artikel lain.

Nah, di atas tadi adalah bisnis internet yang menghasilkan dengan memanfaatkan akun Instagram Anda. Jangan hanya menggunakan Instagram untuk senang-senang, akan lebih bermanfaat bila akun Instagram Anda bisa menghasilkan uang juga.
Next Post Previous Post